top of page
Cari
  • zcelebescommunity

Ekspedisi Riset (Ekrist) Fauna di Lembah Pekurehua



Ekspedisi riset pertama yang dilakukan oleh Zoological Community of Celebes dilaksanakan di lembah Pekurehua (Lembah Napu, Poso, Sulawesi Tengah). Lembah Napu memiliki nama asli Lembah Pekurehua yang artinya lembah yang penuh harapan dan kegembiraan, hal ini disampaikan oleh Tetua adat Lembah Pekurehua yang bertempat di desa Watutau. Lembah Pekurehua terdiri dari beberapa desa yang diantaranya adalah Desa Sedoa, Wuasa, Wanga, Watutau, Watumaeta, Alitupu, yang berbatasan langsung dan menjadi daerah penyanggah Taman Nasional Lore Lindu.

Pemilihan tempat penelitian ini berdasarkan dengan Lembah Pekurehua merupakan area yang berbatasan langsung dan menjadi daerah penyanggah Taman Nasional Lore Lindu. Oleh sebab itu kami ingin mengetahui apakah lembah ini memiliki tingkat keanekaragaman yang mendekati dengan TNLL atau jauh berbeda. Metode penelitian yang digunakan menyesuaikan dengan objek penelitian, namun umumnya kami menggunakan purposive sampling untuk melihat beberapa titik sampling yang sesuai dengan objek penelitian masing-masing.

Ekspedisi riset fauna pertama berlangsung pada tanggal 10-15 Juli 2019 dengan melibatkan beberapa mahasiswa Biologi, FMIPA, Universitas Tadulako dengan objek penelitian meliputi fauna darat dan fauna akuatik. Desa pertama yang menjadi lokasi sampling adalah hutan sekunder dan sungai di Desa Watumaeta (01°23’45” E dan 120°20’11” S) dengan ketinggian hutan sekitar 1311 mdpl. Adapun fauna yang tercatat di Desa Watumaeta dalam ekrist ini adalah mamalia kecil (cecurut), ikan air tawar, udang air tawar, ngengat, kupu-kupu dan kumbang.

17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page